Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Hadiri Undangan Sosialisasi Penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik di klinik Lapas/Rutan/LPKA Sumatera Utara

 

Pematang Siantar – SindoNewsToday

Menindaklanjuti Surat Direktur Perawatan Kesehatan tanggal 20 Desember 2023 hal Penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik di klinik Lapas/Rutan/LPKA dan Surat Edaran Menteri Kesehatan R.I. Tentang Penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Serta Penerapan Sanksi Administratif Dalam Rangka Pembinaan Dan Pengawasan, Kanwil Kemenkumham Sumut laksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik di klinik pada Kamis, 04 April 2024 : 12.45 WIB s.d selesai secara virtual via Zoom Meeting.

Rekam medis elektronik merupakan dokumen yang berisikan data identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien, yang dibuat dengan menggunakan sistem elektronik. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan harus menyelenggarakan rekam medis elektronik sesuai dengan Peraturan Menteri.

Penyelenggaraan rekam medis elektronik sebagai basis pengolahan data kesehatan nasional merupakan salah satu implementasi transformasi kesehatan khususnya pilar keenam yaitu Transformasi Teknologi Kesehatan. Yang mana Penyelenggaraan rekam medis elektronik di fasilitas pelayanan kesehatan harus memenuhi prinsip keamanan dan kerahasiaan yang mana data yang diproses pada rekam medis elektronik tersebut merupakan data pribadi spesifik mengacu pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

#KumhamPasti
#KemenkumhamSumut
#Ombudsman
#KemenpanRB
#rbkunwas
#LapatarBETAH
#LapasSiantar

Pos terkait