Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa Yang Lebih Beradab Khususnya Di Yayasan MTs – MA Binaul Iman Kab. Simalungun

SNT – Simalungun

Pendidikan adalah salah satu aspek yang dianggap sangat penting di dunia, karena dengan adanya SDM yg cerdas dan memadai dpt memubantu membangun Negara yang maju dan mampu bersaing dengan negara lain terlebih menghadapi zaman milenial ini Tapi selain itu karakter pun memiliki peran yang sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan pyyada karakter dari pribadi dari setiap masing masing individuu

Pada umumnya, Proses pendidikan Yyang berjalan di sekolah saat ini masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang penanaman nilai-nilai karakter bangsanya hal inilah yang membuat kemerosotan moral pad siswa. masih banyak guru-guru di setiap sekolah yang mengajar hanya mementingkan sebatas kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang di sampai tanpa memperhatikan penanaman karakter bangsa pada diri peserta didik itu sendiri.padahal yang terpenting adalah bukan mencetak siswa yang unggul dalam prerasi saja, namun tujuan dunia pendidikan nasional yang sesungguhnya adalah mampu mencetak siswa yg berprestasi dan memiliki karakter bangsa.

Namun sangat berbeda dengan Yayasan MTs – MA Binaul Iman. Jalan Anjangsana No.13 Karang Rejo 21151 Kabupaten Simalungun. Yang sampai saat sekarang ini selalu mengajarkan kepada siswa dan siswi tentang perilaku yang baik serta berbagai kegiatan yang positif seperti kegiatan Tilawatil Qur’an, Pramuka, PMR, Olahraga Taekwondo, Volli, dan Sepak bola, agar siswa terhindar dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

Seperti yang dikutip dari buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan  kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dalam kehidupan diperlukan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Dalam hal inilah maka pendidikan karakter / Pengembangan Diri diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal dengan pendidikan karakter (character education).

Banyak pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada anak – anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran, yah kejujuran adalah hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri kita siswa/ siswi MTs – MA Binaul Iman maupun anak – anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya, Demikian juga ada ypilarkarakter tentang keadilan, karena  seperti yang dapat kita lihat banyak sekali ketidakadilan khususnya di Negara ini.

Selain itu harus ditanamkan juga pilarkarakter seperti rasa hormat. Hormat kepada Orangtua, Guru atau siapapun itu, contohnya adik kelas mempunyai rasa hormat kepada kakak kelasnya, dan kakak kelasnya pun menyayangi adik – adik kelasnya, begitu juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harus ada dalam diri setiap murid –  murid agar terciptanya dunia pendidikan yang tidak ramai akan tawuran.

Sekarang mulai banyak sekolah – sekolah di Indonesia yang mengajarkan pendidikan karakter / Pengembangan Diri menjadi mata pelajaran khusus di sekolah MTs – MA Binaul Iman. Mereka diajarkan bagaimana cara bersifat terhadap orang tua, guru –guru ataupun lingkungan tempat hidup.

Mudah – mudahan dengan diterapkannnya pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak –anak akan dilandisi oleh karakter – karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang – orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Bebas dari Narkoba, Pergaulan bebas, korupsi, ketidakadilan dan kebebasan di zaman Milineal sekarang ini. Dan makin menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Walaupun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu pihak Guru MTs – MA Binaul Iman kepada anak didiknya sangat menerapkan dan menganjurkan pendidikan karakter sejak saat ini.

Report : HMI

Pos terkait