Pangulu Nagori Sidamanik Gunakan 78Juta Uang Bumdes Secara Pribadi dan angkat anak kandung jadi gamot.

 

Sindonewstoday merah putih | Simalungun

Aneh Kinerja Pangulu Nagori Sidamanik, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Kasidi Saragi menjabat selama dua periode malah angkat anaknya menjadi Gamot Dusun 1. Bukan hanya itu malah mobil inventaris Bumdes digunakan pribadi anaknya.

Salah seorang warga yang layak dipercaya menjelaskan bahwa Pangulu Nagori Sidamanik seakan akan terlalu campur tangan ke pengurus Bumdes. Dan diduga uang sebesar Rp. 78.000.000 yang sebelumnya berada di rekening Bumdes Dos Roha di Bank BRI Sidamanik untuk keperluan simpan pinjam malah sesuai pengakuan Bendahara Bimdes, Dedy K Situmorang membenarkan uang masih dipakai Pangulu dengan bukti kwitansi tetapi diminta secara bertahap, Sabtu (11/4/2021).

Dijumpai dikantornya, Pangulu Kasidi Saragi menjelaskan bahwa Dana Bumdes tersebut tidak pernah dipergunakan dan semua inventaris Bumdes sikelola dan disimpan di gudang Bumdes, Selasa (13/4/2021).

Kasidi Saragi didampingi Ketua Bumdes Jetro Sidabutar dan Dedi Kurniawan Situmorang menjelaskan lagi bahwa kasus yang menimpanya di Kejaksaan Negeri Simalungun sampai saat ini masih tahap proses. Namun informasi didapat diduga Pangulu Nagori Sidamanim telah memberikan Rp. 20.000.000 untuk menutup kasus namun sampai berita ini dipublis Indigonews masih mencari fakta kebenaran tersebut. Begitu juga ke Media yang konon sempat mempublis pemberitaan terkait kasus yang bergulir di Kejari Simalungun katanya telah diamankan sebesar Rp. 10.000.000.

Begitu juga anggaran lainya seperti pengadaan taratak pada Tahun 2019 dengan pagu anggaran sebesar Rp. 168.000.000 dan pengadaan karoseri Mobil truck dan tenda sebesar Rp. 70.000.000.

Namun, Kasidi Saragi lagi lagi terkesan mengelak dan cuci tangan atas pemanfaatan inventaris dan terkhusus mobil Pick Up grand max yang sampai saat ini dipergunakan anaknya yang juga Gamot Dusun 1, Rian Saragi untuk kepentingan pribadi dan tidak pernah setor PAD ke bendahara Bumdes.

Ketua LSM Forum13 Simalungun, Saiful amri dijumpai di salah satu warung kopi bilangan Sidamanik menjelaskan besok akan menyurati pengurus Bumdes Dos Rohq terkait penggunaan anggaran dan sesuai data yang didapat sementara dana yang berada di Rekening BRI Cabang Sidamanik tidak mencapai sebagaimana disebutkan.

“Besok kita akan surati Pengurus Bumdes terkait inventaris dan penggunaan dana yang selama berdiri sebesar Rp. 1.3Miliar dan kepada Pangulu Nagori yang diduga secara sepihak mengangkat anak kandungnya menjadi Gamot” jelas Saiful.
(Bang jamil)

Pos terkait