Tour de Siak 2022 Resmi di Tutup, Ini Nama-nama Pemenang

 

Sindonewstoday.com/Riau

Kejuaraan balap sepeda Tour de Siak tahun 2022 telah usai dilaksanakan. Kegiatan tersebut diikuti tim dari dalam dan luar negeri.

Acara closing ceremonial ditutup langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Ahad (4/12/2022) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, Wakil Sekjen Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Dedi Waskito Kurniawan, Bupati Kabupaten Siak, Alfedri serta para Forkopimda Riau.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan, kejuaraan balap sepeda itu diselenggarakan selama empat hari, dimulai dari tanggal 1 hingga 4 Desember di Kabupaten Siak dan Pekanbaru.

Dimana untuk Tour de Siak tahun ini terdapat tiga etape, yaitu Etape I dilakukan Siak City Race, Etape II berlangsung dari Kabupaten Siak menuju Pekanbaru Race, dan terakhir Etape III dilaksanakan pada Pekanbaru City Race.

Dalam kesempatan itu, Gubri Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait seperti Kapolda Riau, Pemkab Siak, Pemkab Pelalawan, Pemko Pekanbaru, dan seluruh masyarakat yang telah menyukseskan penyelenggaraan events Tour de Siak 2022.

“Karena itulah kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Kapolda bersama pejabat utama termasuk Bupati Siak bersama dan juga Bupati Kabupaten Pelalawan, Pj Walikota Pekanbaru dan masyarakat yang beberapa hari ini ikut menyukseskan acara ini. Tentunya semua yang terlibat telah mempersiapkan acara, sehingga events ini dapat terlaksanakan dalam keadaan aman seperti lancar dan sukses,” ungkapnya.

Menurutnya, bantuan dari segala pihak untuk penyelenggaraan Tour de Siak ini sangat berarti, karena berkat adanya partisipasi dari segala pihak ini acara bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Mulai dari Siak sampai dengan Pekanbaru telah berjalan sukses aman dan juga yang paling penting adalah zero insiden.

Orang nomor satu di Provinsi Riau itu menerangkan, kegiatan ini memang sudah tiga tahun tidak diselenggarakan. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini ke depan akan menambah wawasan dan sekaligus juga ada petunjuk-petunjuk yang baru dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

“Dengan inilah tentunya kami berusaha tahun depan ini, lebih maju lagi dengan melibatkan beberapa daerah kabupaten yang lain,” ujarnya.

Gubri Syamsuar berharap, yang paling penting adalah bagaimana pemerintah daerah bisa mensupport para atlet yang ada di Riau sendiri. Sehingga, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) kepengurusan Provinsi Riau bisa mempersiapkan atlet yang dibanggakan.

“Mudah-mudah pada event yang akan mendatang nanti ada pembalap dari Riau yang siap juga berlaga dengan nasional maupun dari berbagai negara,” pungkasnya

Sementara Wakil Sekjen PB ISSI, Dedi Waskito Kurniawan mengatakan, pelaksanaan Tour de Siak 2022 berjalan dengan benar-benar zero insiden. Dengan begitu sudah sesuai arahan dari Ketua Umum PB ISSI.

“Hari ini di race terakhir semuanya berjalan dengan lancar. Dan ada dari tim tuan rumah juga yang sudah menjadi jawara,” katanya.

Dijelaskan Dedi, disetiap pertandingan Tour de Siak 2022 ini memiliki pemenang yang berbeda-beda. Dengan begitu, menurutnya membuktikan bahwa tim yang bertanding merupakan para atlet-atlet yang mempunyai kualitas luar biasa.

“Pada etape I dan etape II hingga etape III berubah terus pemenangnya. Artinya kualitas dari tim yang hadir disini adalah tim yang luar biasa,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Dedi, setiap tim tidak sabar dan sangat bersemangat akan kembali pada Tour De Siak untuk tahun depan.

“Jadi tadi sempat saya ketemu dengan tim yang baik dari dalam dan luar negeri. Para atlet menyampaikan siap hadir kembali di tour de Siak di tahun 2023,” ungkapnya.

“Tentunya faktor efek domino-nya juga akan luar biasa selain nanti infrastruktur dibangun Jalan, Jembatan, dan tentunya nanti akan ada juga pembinaan-pembinaan prestasi olahraga Sport sepeda di Riau,” tukasnya.

Adapun tim dan nama peraih pemenang pada Tour de Siak tahun 2022, yaitu:

Kategori Pembalap sepeda Indonesia Terbaik Tour de Siak 2022 dengan klasifikasi keseluruhan atau dihitung berdasarkan waktu dari tahap pertama hingga tahap ketiga.

Juara tiga mendapatkan medali perunggu mewakili Tim BSP Siak Riau, Bernard Benyamin Van Aert.

Juara dua meraih medali perak, mewakili Ponti Wijaya Racing, Dikdik Sidik Permana

Peraih juara satu mendapatkan medali emas, mewakili Dr. J Cycling Team, Rachmad Noka Wibisono.

Selanjutnya, penghargaan untuk kategori pembalap dengan sprint tercepat sekaligus pembalap yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak pada setiap perhitungan point sprint sejak Etape satu hingga Etape ketiga Tour de Siak 202 yaitu Bernard Benyamin van Aert, dari tim BSP Siak Riau.

Kemudian, pada kategori penghargaan untuk pembalap dengan catatan waktu tersingkat sejak Etape satu hingga Etape ketiga yang juga sekaligus pemenang jersey kuning Tour de Siak 2022 diserahkan kepada Muhsin Al Redha Misbah, dari tim Sapura Cycling Team Malaysia.

Terakhir untuk tim terbaik pada events Tour De Siak 2022, antara lain :

Juara tiga mendapatkan medali perunggu dari Sapura Cycling Team Malaysia:

1. Akmal Hakim Zakaria
2. Muhsin Al Redha Misbah
3. Muhammad Shaiful Adlan Mohd Shukri
4. Muhammad Zawawi Azman
5. Mohamad Saari Amri Abdul Rasim

Juara Dua mendapatkan medali perak diraih oleh tim Nusantara Cycling asal Yogyakarta:

1. Abdul Gani
2. Muhammad Imam Arifin
3. Odie Purnomo Setiawan
4. Muhammad Ridwan
5. Muhammad Herlangga

Juara Satu mendapatkan medali emas dimenangkan oleh Dr. J Cycling tim asal Jawa Timur:

1. Jamalidin Novardianto
2. Rachmad Noka Wibisono
3. Angga Dwi Wahyu Prahesta
4. Barley Octavian Nugroho

Pos terkait