Upah Tak Dibayar Pekerja BL Mogok Kerja, Proyek Perawatan TBM di PTPN IV Balimbingan Terhenti

  • Whatsapp

Sindonewstoday.com/Simalungun  –  PTPN IV memiliki beberapa unit usaha yang terbagi ke dalam tiga distrik. Saat ini PTPN IV tengah gencar melakukan program peremajaan kebun kelapa sawit. Beberapa areal lahan terlihat sudah di tanami kelapa sawit dan ada pula yang masih dalam tahapan replanting, salah satunya perkebunan Balimbingan.

Unit Usaha yang tergabung dalam Distrik I di PTPN IV ini berada di wilayah Kabupaten Simalungun.

Bacaan Lainnya

Tampaknya, program peremajaan kebun kelapa sawit itu tidak dijalan dengan baik oleh pihak perkebunan Balimbingan.

Pasalnya, di afdeling 3 kebun Balimbingan banyak terlihat tanaman sawit belum menghasilkan (TBM) yang tidak di rawat dengan baik. Para pekerja juga tidak terlihat di lokasi tersebut.

Seorang wanita berinisial RH (48) mengaku sebagai pekerja Buruh Luar (BL) mengatakan mogok kerja dengan alasan belum menerima gaji.

“Kami sudah beberapa hari ini tidak bekerja, karena gaji kami para BL belum di bayar. Biasanya seminggu sekali di bayar, ini sudah hampir sebulan. Kami pun gak tau kemana harus mengadu, karena yang merekrut kami pihak karyawan dari afdling 3 dengan kesepakatan gaji 40 ribu per hari” aku RH, Kamis (23/6/2022).

Dikatakannya, hal tersebut pernah ditanyakan kepada pihak perkebunan, tetapi jawaban yang tidak diharapkan yang mereka dengar.

“Kami selama bekerja disini tidak tau siapa vendornya, jadi kami tanyakan ke mereka (Pihak kebun), alasannya belum di bayar oleh vendor” katanya

Terpisah, dikonfirmasi melalui pesan media whatsapp, humas SDM PTPN IV unit Balimbingan, Hendra mengatakan akan segera menyampaikan langsung ke manager unit Balimbingan.

“Terimakasih informasinya, saya akan sampaikan langsung kepada Manager perkebunan” ujarnya.

Hingga berita ini tiba di meja redaksi, Manager Perkebunan unit Balimbingan, Abdi Hendri Sinaga belum memberikan penjelasan. (RS).

Pos terkait