Program Pembangunan Kota Siantar Tahun 2020 Dibahas di Musrenbang

SindoNewsToday.com-Pematangsiantar (Sumut)

Program dan kegiatan pembangunan di Kota Pematangsiantar tahun 2020 dibahas di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan di Hotel Sapadia pada Rabu (20/3/2019).

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya saat pembukaan Musrenbang mengatakan ” Pelaksanaan Musrenbang merupakan rangkaian dari rembug warga, Musrenbang Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan ” ucap Walikota.

Menurut Hefriansyah, Letak strategis Kota Pematangsiantar yang merupakan pintu gerbang menuju destinasi wisata Danau Toba, Saat ini juga berfungsi menjadi wilayah penyanggah bagi daerah hinterland-nya.

“ Saya mengajak para pemangku kepentingan untuk bersatu padu dan bersinergi dalam merencanakan pembangunan. Sehingga potensi daerah yang kita miliki dapat tergali seoptimal mungkin ” katanya.

Dilanjutkan Hefriansyah, Sesuai kebijakan pemerintah, Walikota meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyusun perencanaan berbasis money follow program, Bukan berdasarkan struktur atau fungsi organisasi (money follow function).

Serta meningkatkan kinerja seoptimal mungkin dengan melibatkan masyarakat seluas-luasnya. Di samping itu, ia juga mengharapkan agar azas pemerataan pembangunan diperhatikan dalam menentukan lokasi kegiatan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Balitbang Provinsi Sumut Ir HM A Efendi Pohan MSi, Menjelaskan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2020 dengan tema “ Peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara yang Bermartabat ”.

Maka, dalam upaya pencapaian target pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, Diminta agar Pemerintah Kota Pematangsiantar dapat memedomani dan menyelaraskan program/kegiatan pembangunan Kota Pematangsiantar dengan program/kegiatan pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DRPD Pematangsiantar yang diwakili anggota DPRD Muhammad Effendi Siregar menyampaikan, Dalam rangka menindaklanjuti tahap-tahap dalam pelaksanaan pembangunan, Agar dapat berjalan dan terlaksana secara efektif, efisien, tepat manfaat, dan tepat waktu, diperlukan langkah-langkah kebijakan secara komprehensif dan terpadu.

Arah kebijakan pembangunan, Khususnya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang berorientasi pada pemerataan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kemandirian serta daya saing.

Plt Kepala Bappeda Pematangsiantar Drs Midian Sianturi menjelaskan, Maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang Kota Pematangsiantar Tahun 2020 adalah membahas rancangan RKPD Kota Pematangsiantar guna menyepakati permasalahan pembangunan daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah.

Musrenbang digelar selama dua hari, Yaitu pada Selasa (19/3) dan Rabu (20/3). Kegiatan di hari pertama pada Selasa (19/3/2019) yaitu Sidang Kelompok dalam rangka  Penajaman Prioritas Program/Kegiatan RKPD.

Hari kedua pada Rabu (20/3/2019) yakni Penandatanganan Berita Acara Musrenbang dan Penyampaian  Materi dari Narasumber.

Selanjutnya acara ditandai pemukulan gong dan penandatanganan berita acara Musrenbang RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2020.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kota Pematangsiantar, DPRD Pematangsiantar, Sekda Kota Pematangsiantar, Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematangsiantar, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, BUMD/BUMN/Perusahaan Swasta, mewakili tokoh  masyarakat/agama, Insan pers, LSM, Profesi,  Wirausahawan, Instansi vertikal, Perbankan, Akademisi dan Delegasi dari kecamatan se-Kota Pematangsiantar.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan yaitu Kasi Wilayah IV A Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Wasja S Sos, Mec Dev, Direktorat Transportasi Kementerian PPN/ Bappenas Handhi Setiawan Adiputra, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Ir  H Irman MSi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara DR Drs HM Ismail P Sinaga MSi. (Tim/Red)

Pos terkait