Melalui Perumusan 5 Misi, Susanti Akan Menjadikan Siantar Berkualitas

  • Whatsapp

Sindonewstoday.com/Siantar  –  DPRD Kota Siantar melakukan serah terima jabatan (sertijab) dan penyerahan memori jabatan Wali Kota periode 2017-2022, Hefriansyah Noor kepada Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Susanti Dewayani, Jumat (4/3/2022).

Dalam pidato perdananya, Susanti menegaskan, sebagai pemimpin dirinya akan berupaya mewujudkan Siantar yang sehat melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara jasmani dan rohani, serta peningkatan ketakwaan masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME).

Bacaan Lainnya

“Dalam mendukung hal ITU, kami akan meningkatkan kualitas infrastruktur dan tenaga kesehatan (nakes), serta melakukan gerakan masyarakat sehat melalui upaya preventif dan kuratif sejak dini, sehingga menjamin kehidupan masyarakat Siantar yang nyaman dan berkelanjutan” ujarnya.

Dalam upaya mewujudkan Siantar yang sejahtera, Susanti menyampaikan, akan melakukan peningkatan kualitas perlindungan masyarakat dan sosial ekonomi masyarakat melalui penyediaan infrastruktur  dan penguatan dunia usaha. Lalu, penguatan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesempatan kerja, dengan membuka akses investasi dan inovasi dalam dunia usaha di bidang jasa, perdagangan dan industri.

Sambungnya, dalam upaya mewujudkan Siantar Berkualitas, Pemko Siantar akan berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang maju dan unggul, serta berdaya saing melalui pengelolaan sumber daya alam, reformasi dalam tata kelola pemerintahan menuju pemerintahan yang bersih, berwibawa, responsif, serta konsisten dalam melayani dan mengimplementasikan regulasi serta kebijakan pembangunan menurut skala prioritas.

Dijelaskannya, dalam rangka mewujudkan Siantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas, pihaknya menetapkan langkah-langkah pencapaian melalui perumusan 5 misi.

Yakni, menguatkan kehidupan masyarakat yang sehat, sejahtera, humanis, agamis, dan beradab dengan menghargai local wisdom dan keheterogenan yang berkualitas. Menguatkan dan memulihkan perekonomian regional, penyehatan iklim usaha, perdagangan dan jasa, UKMK, dan koperasi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan, yang terdampak masa pandemi dan atau pasca pandemi Covid-19. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, responsif melayani berdasarkan prinsip good governance dan corporate governance. Menguatkan sentralitas dan daya tarik kota, guna pencapaian Pematangsiantar sebagai sub pusat perdagangan dan jasa regional di Provinsi Sumatera Utara. Mewujudkan kota berkualitas melalui penataan ruang, pengembangan infrastruktur, keindahan, dan kebersihan lingkungan kota secara berkelanjutan.

“Visi dan misi yang telah kami sampaikan, selanjutnya akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai dokumen perencanaan pembangunan disusun untuk jangka waktu 5 tahun, yang merupakan penjabaran visi dan misi serta program kerja kami selaku kepala daerah,” terang Susanti.

Selanjutnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, rancangan RPJMD  yang telah disusun akan ditetapkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) paling lambat 6 bulan, setelah kepala daerah terpilih dilantik.

“Kami mengajak seluruh pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat Siantar untuk bersama-sama memberikan masukan, saran dan pemikiran dalam penyempurnaan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang RPJMD untuk periode 5 tahun kedepan,” kata Plt Wali Kota tersebut.

Ia optimis, dengan semangat kebersamaan yang dimiliki, bisa mengubah semua tantangan menjadi  kekuatan dan peluang bagi kota yang dicintai ini demi mewujudkan Siantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas.

Sebelumnya, Ketua DPRD Siantar, Timbul Marganda Lingga dalam sambutannya saat membuka Sidang Paripurna mengatakan, Selasa (22/2/2022) lalu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi telah melantik Wakil Wali Kota, Susanti Dewayani dan selanjutnya ditetapkan sebagai Plt Wali Kota.

“Selamat kepada Plt Wali Kota. Semoga Siantar ke depan menjadi lebih baik. Semoga Pemko dan DPRD Siantar dapat bersinergi,” sebut Timbul.

Penyerahan memori jabatan dari Wali Kota periode 2017-2022 kepada Plt Wali Kota disaksikan Kabiro Otda Setdaprovsu, Zubaidi dan Ketua DPRD, Timbul Lingga.

Hadir dalam kegiatan itu, Danrem 122/Pantai Timur, Kolonel Inf Luqman Arief, Danrindam I Bukit Barisan diwakili Kapten Aloysius Ateng, Dandim 0207/SML, Letkol Inf Roly Souhoka, Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) diwakili Selamat Riady, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Afrizal Hadi, Ketua Pengadilan Agama (PA), Asri Handayani, Staf Ahli Wali Kota, Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), alim ulama, tokoh agama, tokoh, adat, tokoh masyarakat,  dan tokoh pemuda, serta Rektor Universitas Simalungun (USI), Corry PurbA. (Richie).

Pos terkait