Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar kembali menggelar razia di blok/kamar hunian

Advertisement.

Pematang Raya, 24 Januari 2024 – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar kembali menggelar razia di blok/kamar hunian sebagai bagian dari upaya mewujudkan konsep “Back to Basic” dan penerapan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu Deteksi Dini, Berantas Narkoba, dan Sinergitas.

Razia yang dilaksanakan pada hari Rabu (24 Januari 2024), melibatkan petugas keamanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Narkotika Pematang Siantar.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar, (Robinson Perangin Angin), diwakilkan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ucok Sinabang) menyatakan bahwa razia ini merupakan langkah preventif untuk mencegah berbagai potensi gangguan yang dapat terjadi di dalam Lapas. “Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Narkotika Pematang Siantar. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendeteksi dini segala bentuk potensi gangguan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegahnya,” ujarnya.

Selain deteksi dini, razia ini juga diarahkan untuk memberantas peredaran narkoba di dalam rutan. Tim melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap seluruh kamar hunian dan fasilitas rutan. Langkah ini sejalan dengan salah satu kunci pemasyarakatan, yakni “Berantas Narkoba,” sebagai upaya nyata untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan narapidana.

“Kami tidak hanya fokus pada deteksi dini gangguan keamanan, tetapi juga melakukan tindakan tegas terhadap peredaran narkoba di dalam rutan. Ini sebagai wujud dari komitmen kami untuk memberikan lingkungan yang aman dan sehat bagi seluruh narapidana,” tambahnya.

Pihak Lapas Narkotika Pematang Siantar juga menekankan pentingnya sinergitas antar Aparatur Penegak Hukum dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan sekitarnya. Melalui kerjasama yang baik antar petugas keamanan, penegak hukum, dan pihak terkait lainnya, diharapkan dapat menciptakan sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan efektif.

Razia ini menjadi bagian dari serangkaian upaya Lapas Narkotika Pematang Siantar dalam meningkatkan kualitas pelayanan pemasyarakatan dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembinaan narapidana. Pihak Lapas berharap, dengan implementasi konsep “Back to Basic” dan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, dapat memberikan dampak positif dalam pemulihan narapidana dan menjaga keamanan rutan secara menyeluruh.

Advertisement.

Pos terkait