Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024 Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumut Cek Kesiapan Lapas Tebing Tinggi

Advertisement. Advertisement.

Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024 Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumut Cek Kesiapan Lapas Tebing Tinggi.

Tebing Tinggi – SINDONEWSTODAY

Mendekati pelaksanaan pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari besok, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Rudy F. Sianturi bersama Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Soetopo Berutu melakukan peninjauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kesiapan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi. Selasa (13/2/2024)

Disambut secara langsung oleh Kalapas Anton Setiawan bersama Pejabat Struktural Lapas Tebing Tinggi, Kadivpas dan rombongan meninjau lokasi TPS. Adapun yang menjadi perhatian dalam peninjauan ini meliputi kesiapan tempat serta sarana dan prasarana, alur proses pemungutan suara hingga kesiapan petugas KPPS. Dalam hal ini, pada Lapas Tebing Tinggi terdapat 4 TPS yakni 901, 902, 903 dan 904.

‘’Kunjungan ini untuk memastikan persiapan jelang pemliu dan layanan lembaga pemasyarakatan berjalan dengan baik dalam menyambut Pemilu 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan dari kantor wilayah terhadap sejauh mana tugas, fungsi, kewenangan dan tanggungjawab setiap wilayah dapat berjalan dengan maksimal. Cek sarpras, semua saya kira sudah cukup baik dan tertata, semoga bisa ditingkatkan lagi, kemudian pesta demokrasi pemilu 2024 bisa berlangsung dengan optimal’’ujar Kadivpas Rudy F. Sianturi.

“Untuk menjaga kondusivitas, saya tegaskan agar dapat menjaga netralitas serta memperkuat pengamanan kerja sama dengan Kepolisian dan TNI,” tambah Rudy.

Sementara itu, Kalapas Anton Setiawan menyampaikan bahwa Warga Binaan di Lapas Tebing Tinggi akan ikut mencoblos. Hal ini merupakan pemenuhan hak bagi mereka sebagai Warga Negara Indonesia sehingga penyelenggaran Pemilu di Lapas Tebing Tinggi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

“Warga binaan aktif memberikan haknya dalam Pemilu, dan memiliki semangat untuk tetap berkontribusi dalam pesta demokrasi di Indonesia, walaupun sedang menjalani hukuman pidana, serta kesiapan petugas dalam pengamanan akan ditingkatkan dengan meminimalisir seluruh hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di Lapas” Jelas Kalapas Anton.

Kadivpas juga mengharapkan agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, lancar dan tertib serta hak pilih warga binaan dapat tersalurkan dengan baik sebagai hak konstitusional setiap Warga Negara Indonesia. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama.

#jaharisitepu
#LapasTebingTinggi
#LatetiBeriman
#PemasyarakatanMajuIndonesiaTangguh
#KumhamPasti‬
#sahabatpengayoman
#kemenkumhamsumut
#kemenkumhamri
#kusuma
#ditjenpas
#KumhamSemakinPASTI

Advertisement. Advertisement.

Pos terkait