Hari Anak di Siantar, Dimeriahkan Lomba Pidato, Melukis, dan Mewarnai

Advertisement. Advertisement.

Pematang Siantar – Sindonewstoday

 

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kota Pematangsiantar tahun 2019 dimeriahkan sejumlah kegiatan perlombaan. Lomba yang digelar yakni pidato bahasa Inggris tingkat SMA, lomba melukis dengan thema “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira” tingkat SMP dan SMA, serta lomba mewarnai untuk tingkat SD dan TK/PAUD.

Perlombaan dipusatkan di halaman kantor Dinas Sosial Pematangsiantar, Sabtu (10/8) lalu. Ratusan pelajar TK/PAUD, SD, dan SMP se-derajat, serta SMA unjuk kebolehan.

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengimbau kepada semua masyarakat untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama yang memiliki keterbatasan tertentu. Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi guna meningkatkan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas

“Saya meminta kepada dunia usaha untuk turut berperan aktif dalam penanganan masalah penyandang cacat agar kesejahteraan sosial mereka dapat meningkat. Sebagaimana semestinya proses pembangunan ini turut serta melibatkan para penyandang disabilitas,” ujarnya.

Masih kata Hefriansyah, indikator telah terpenuhinya hak-hak anak di antaranya mendapatkan layanan pendidikan, kesehatan, dan partisipasi.

“Dan tentu saja tidak mengalami kekerasan dalam bentuk apapun, sehingga tumbuh kembang anak berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dengan melakukan berbagai aktivitas, sambungnya, baik keagamaan maupun olahraga, diharapkan generasi muda memusuhi narkoba.

“Apalagi peredarannya kini sudah merambah ke kampung-kampung yang akan menyasar generasi muda penerus estafet kepemimpinan bangsa,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Pematangsiantar Pariaman Silaen SH melaporkan, thema Hari Anak Nasional tahun 2019 ini adalah “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak” dan Sub Thema Perkuat Peran Keluarga dalam Berbagai Upaya untuk Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak Wujudkan Pengasuhan yang Berkualitas dan Berbasis Hak Anak yang Dimulai dari Keluarga, dan tagline #Kita Anak Indonesia, Kita Gembira.

Di akhir acara, Hefriansyah bersama perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pematangsiantar dan Ketua TP PKK Ny Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat, dan Pariaman Silaen menyerahkan hadiah berupa piala, piagam, dan hadiah lainnya kepada para pemenang lomba.

(Ricardo)

Advertisement. Advertisement.

Pos terkait